Rabu, 16 Oktober 2013

Karipap... Pastel Puff Isi Roghut

Unik nih,, pastel tapi dengan adonan puff. Dari info yang rima dapat dari mbah google, karipap ini semacam pastel khas jajanan malaysia, umumnya berisi daging cincang dan kentang. variasinya banyak tergantung pada isi dari karipap itu sendiri, nah yang rima coba kali ini pakai roghut sayuran kentang dan wortel saja ditambahin sama telur rebus yang dipotong kecil - kecil. Resep aslinya rima lihat di blognya mbak Arfi, lihat bentuk pastelnya menggiurkan dan unik. Ada garis garis puffnya, yang ternyata dibuat dari mentega dingin yang dicampur sama terigu. Yang mau coba bikin silahkan mampir saja ke blognya mbak Arfi di HomeMades. Disana jelas banget proses pembuatan kulit pastelnya. Gak ngerti karena pakai bahasa Inggris, tenang akan rima terjemahin ya dengan bahasa yang sedikit dimengerti sama rima, so mohon maaf ya klo ada kata2 yang salah di translate :)


Hasilnya lumayan renyah,, cm rima salah dalam menggulung dan membentuk kulit karipapnya, harusnya spiral eeh ni malah sebailknya, jadi weh g keliatan lapisan puffnya. Maklum belum lihai nih tangannya dalam hal ini, pengennya cepat - cepat jadi saja. Resep yang rima tulis dibawah ini rima ambil dari Sam Tan's Kitchen.

Bahan Adonan Kulit :
- 300 gr tepung terigu ( rima segitiga biru )
- 1/2 sdt garam
- 1/2 cup air hangat
- 1 butir telur ukuran kecil, dikocok lepas
- 1 sdm minyak goreng

  • Campur semua bahan. Uleni seperti membuat adonan roti, sampai lembut dan tidak lengket di jari. ( rima Minyak goreng dicampur terakhir )
  • Bagi menjadi 2 adonan dengan berat yang sama, hasil rima @250 gr. Diamkan selama 30 menit ).
Bahan Butter Puff :
- 75 gr mentega dingin
- 150 gr tepung terigu

  • Potong mentega kotak - kotak, masukkan ke dalam terigu. Dengan menggunakan garpu atau dua pisau aduk kedua bahan tersebut sampai berbentuk seperti pasir, uleni dengan tangan samapi halus dan licin. Bentuk menjadi 2 bola dengan berat yang sama ( rima @ 100 gr).
Kedua adonan digabungkan, lalu digiling tipis. Setelah itu digulung seperti membuat swiss roll. Lalu putar gulungan tersebut 90 drajat, lalu giling lagi seperti yang pertama. Gulung kembali.
Dengan pisau tajam, potong adonan setebal 1 cm atau lebih kalu mau bikin yang lebih lebar, nah..lapisan spiralnya harus terlihat.
Tipiskan irisan puff tadi dengan rolling pin, jaga jangan sampai lapisan spiralnya sobek atau lepas.
Letakkan kulit puff ini di cetakan pastel, isi dengan roghut lalu cetak.Atau anda bisa membentuknya sendiri dengan tangan.
Goreng deh dalam minyak goreng yang panas dengan api sedang saja, supaya menghasilkan kulit yang garing dan renyah.

So this is it.... Selamat mencoba ya :}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar