Senin, 14 Oktober 2013

My First Order in Oktober 2013



Black Forest Ekonomis,,

Allahu Akbar..Allahu Akbar...Allahu Akbar..Laailahaillallahu Wa Allahu Akbar..Allahu Akbar Walillahil Hamd.
Selamat Hari Raya Idul Adha 1434H,Semoga kita mandapatkan syafaat dan ampunan dari Allah SWT,dilapangkan segala urusan dan hajat kita,Amiin
Bertepatan dengan gema takbir dimalam idul adha, rima sempatkan tuk berbagi postingan kue-kue yang sempat rima bikin di bulan oktober ini,,di mulai dengan kue black forest yang rima bikin tuk pertama kalinya. Yang pesan mama dari temannya adikku, beliau pengen kasih suprise but putrinya yang sudah wanti-wanti pengen kue ultah dari teh rima. Waktu tau dia pengennya BFC, sempat ketar-ketir bisa gak ya bikinnya, secara jenis cake ini perlu coklat yang buanyak. Segeralah kumelincur ke mbah google,dgn search resep BF ekonomis, dari sederet resep yang ada rima mampir ke blog nya mbakSafia Defidi. Disana dia tampilin resep yg menurut rima untuk ukuran Cake BF sangat ekonomis. Waktu dapat resep itu dah H-3, dah deadline nih dah g waktu lagi buat coba-coba resep, Bismillah, hari sabtu langsung rima eksekusi resepnya. Ada yang unik waktu memanggang adonan, rima pake sistem au de marie, meletakkan loyang berisi air dibawah loyang adonan cake. cara ini rima pake untuk menghasilkan tekstur kue yang lembut dalamnya tapi garing luarnya, dan dapat aroma kue panggang yang khas. Alhamdulillah, hasilnya g mengecawakn tekstur cakenya seperti yang rima harapkan. base cakenya dah jadi tinggal dekornya nih, pake buttercream yang dah jadi saja, serutan DCC, and beberapa iris strawberry jadilah Black forest HB cake yang ekonomis, spesial untuk pelanggan pertama rima. Walaupun  ekonomis, Alhamdulillah rima dapat reportnya memuaskan, kata mamanya kuenya lembut dan tidak eneg, menurut laporan adikku (yang jadi kurir kuenya), cakenya langsung ludes begitu di potong. Syukurlah,,rasanya plong banget kalau hasil dari kerja  kersa tangan sendiri dapat diterima dengan baik oleh orang lain.
So, yang mau tahu resepnya, mangga ini rima kasih tahu.

Black Forrest Cake Ekonomis

Bahan :
7 butir telur
150 gr gula pasir
1 Sdm SP
150 gr tepung etrigu serbaguna
50 gr coklat bubuk
50 cc air putih ( rima g pake)
1 sdm susu bubuk full krim
1 sdm pasta coklat
125 gr margarin, lelehkan

 Butter cream :
150 gr mentega putih
50 gr margarin
150 gr gula halus
3 sdm susu kental manis
1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :                                                                                                                                      
  1. Ayak terlebih dulu,tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk. sisihkan
  2. Kocok telur, gula, dan SP dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang,matikan mixer.
  3. Masukkan campuran tepung,aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Masukkan margarin leleh, aduk rata.
  4. Tuang kedalam loyang bulat ukuran 20cm, mau 1 loyang boleh nnt dibagi dua atau langsung dibagi ke 2 loyang juga boleh. Sebelumnya dah diolesi mentega dan dialasi kertas roti. Panggang dioven yang sudah di panaskan sebelumnya, dengan suhu 175 C selama 30 - 45 menit. karena rima pake cara au di marie butuh waktu 35 menit, dengan oven tangkring.
  5. Setelah matang, diamkan dulu cakenya dalam loyang. setelah itu keluarkan dan dinginkan.
  6. Setelah cakenya dingin, oles lapisan pertama dengan simple sirup atau dengan selai strawberry, kan mau ekonomis :), lalu olesi atasnya dengan buttercream, tumpuk dengan lapisan kedua. Hiasi cake dengan buttercrem, lalu pagari dengan DCC serut. Toppingnya bisa sesuai selera saja, msu pake cherry, strawberry, atau disiram coklat glaze juga boleh.
Jadi deh Black Forest ekonomisnya, silahna dicoba mudah2n sukses ya....A special thank to mbak hesti yang sudah banyak memberi masukan dan inspirasi bagi rima dalam hal membuat kue,,bikin blog ini juga karena tersugesti sama semangatnya mbak hesti ngshare hasil karya dia lewat blog.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar